COMPETITION CONSULTANT 2021

  • By Webs FEB Unair
  • In WEBS News
  • Posted 07 November 2021

EB IS BACK! Yass, kami dari divisi education business atau disingkat EB pada tanggal 11 September 2021 telah melaksanakan program kerja competition consultan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Sebelumnya mari kita ulas sedikit tentang proker CC atau competition consultant itu program apa sih?

Competition consultant atau biasa disingkat CC adalah program kerja diskusi atau berbagi pengalaman, tips dan trik, informasi mengenai kompetisi ekonomi dan bisnis bersama dengan anggota atau alumni WEBS Unair yang sudah berpengalaman dibidangnya. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja internal yang diperuntukan untuk anggota aktif WEBS Unair periode tersebut. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan motivasi bagi anggota WEBS agar tidak kalah kompetitif dan semangatnya untuk berprestasi di bidang akademik meskipun memiliki kesibukan kuliah dan lainnya. 

CC kali ini mengusung tema “Win Yourself by Joining The Competition”. Tema yang menarik bukan?  Maksud dari tema ini adalah terkadang yang menjadi penghalang seseorang untuk mengikuti kompetisi adalah diri kita sendiri. Melalui kegiatan ini, pemateri menyampaikan bagaimana pengalaman mereka pertama kali mengikuti kompetisi, bagaimana mereka mengalahkan rasa malas dan keluar dari zona nyaman, serta pemaparan mengenai pengalaman lomba yang pernah mereka ikuti.

CC kali ini menghadirkan dua pemateri yang merupakan alumni WEBS, yaitu mas Gigih Adienya dan Mas Haflan Alfiri. CC kali ini juga membagi dua sesi materi. Kedua pemateri ini tidak perlu diragukan lagi track record dalam kompetisinya. Seperti Mas Gigih ini, yang berpengalaman dalam lomba business case. Mas Gigih juga menjadi finalis dalam kompetisi Petrolida Business Case, juara runner up pada HSBC Business Case Regional dan kini menjadi mentor di Prabu Adhikari Business Case. Sedangkan Mas Haflan menguasai bidang business plan, essay, dan lainnya. Mas Haflan juga memiliki segudang prestasi, diantaranya menjadi MAWAPRES FEB Unair pada tahun 2018 dan 2019, menjadi juara pertama dalam kompetisi Business Idea Competition By FIFgroup Youth Innovation pada tahun 2017, dan juara kedua dalam PIMNAS tahun 2018, serta prestasi lainnya yang sungguh membanggakan.

Sesi pertama, dimulai dengan pembukaan lalu dilanjut sesi materi yang disampaikan oleh Mas Haflan dengan materi pengetahuan seputar business plan, apa manfaatnya mengikuti kompetisi ini, serta tips and tricks agar lolos pada setiap tahapan kompetisinya , pengalaman selama berkompetisi dan saran-saran selama kurang lebih 30 menit. Setelahnya dilanjut sesi tanya jawab  selama  25 menit. Ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat dan informatif.

 

Agar peserta tetap terjaga semangatnya, kami melakukan games tebak gambar yang di pandu oleh duo EB, yaitu Jafir dan Satria yang sangat menghibur. Berikut keseruan sesi games.

 

Lalu dilanjut oleh sesi kedua dengan pembicara Mas Gigih. Hal yang disampaikan kurang lebih sama dan sangat insightful. Dilanjut juga dengan sesi tanya jawab. Serta diakhir dengan pemberian sertifikat untuk kedua pemateri yang sudah hadir dalam CC kali ini. Setelah dua sesi pemaparan materi, peserta harus mengikuti kuis berhadiah yang pertanyaannya seputar materi yang sudah disampaikan. Tujuannya agar ilmu yang didapat bisa terus diingat oleh peserta.

Sekian keseruan  kegiatan CC tahun 2021. Harapannya dengan kegiatan ini para anggota aktif WEBS Unair 2021 dapat mendapatkan info kompetisi terkini di berbagai bidang serta juga mau untuk mencoba berkompetisi secara mandiri.

 

 

Tags :
Hits 556