INTERNAL DIVISION TRAINING 2022

  • By Webs FEB Unair
  • In WEBS News
  • Posted 24 Mei 2022

 

Divisi HRD WEBS telah menyelesaikan salah satu program kerjanya yaitu “Internal Division Training” IDT. IDT bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia anggota Workshop Entrepreneur Business Society (WEBS) Universitas Airlangga. Menjelaskan kepada anggota WEBS agar menjadi  organisatoris yang mengetahui posisinya dalam organisasi dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan benar melalui sharing dengan orang yang mengetahui posisi tersebut. Terlebih lagi, pada awal acara akan dipaparkan bagaimana WEBS menjalankan fungsinya selama ini. Sehingga selama setahun kepengurusan berjalan kedepan WEBS bisa lebih berkembang dengan baik, mempererat tali persaudaraan anggota WEBS. 

Dalam acara “Internal Division Training” WEBS ini terdapat beberapa rangkaian acara yang terdiri dari beberapa materi. Materi-materi tersebut antara lain Effective Leadership, cara membagi waktu dan tanggung jawab dalam pengelolaan organisasi secara efektif, people management, leadership, critical thinking dan problem solving, digital marketing, supply chain, financial planner, meningkatkan branding WEBS ke pihak eksternal, how to handle event. Materi-materi tersebut tentunya akan disesuaikan dengan divisi yang berbeda-beda.

IDT diawali oleh IDT for BOD pada Jumat 4 Maret 2022 yang mendatangkan narasumber dari Universitas Airlangga, yaitu dosen FEB Bapak Harris Prasetya Rahmandika, S.M., M.M., CPMA. Setelah itu, satu per satu divisi WEBS juga merealisasikan IDT melalui via ZOOM MEETING, hal itu dikarenakan situasi pandemi COVID-19 yang masih pasang surut. Narasumber yang diundang pada IDT per divisi juga bukan sembarang orang. Mulai dari dosen-dosen Universitas Airlangga yaitu Mochamad Badowi S.M, M.B.A; Made Gitanadya Ayu Ariani, SE., MSM. Founder Karnevor.id yaitu Rizki Candra Kusuma. Selain itu juga ada nama-nama seperti Laura Alerista Siburian yang merupakan seorang Content Creator di aplikasi TikTok. Serta nama-nama lain yaitu Alfandi Ongko Sugianto dan Ulbrits Siahaan.

Puncak acara sekaligus penutup IDT yaitu IDT for WEBS yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Maret 2022 berlangsung meriah. Narasumber yang diundang adalah Benediktus Rendy Diopasca Suryo. Beliau sekarang menjadi PE Coordinator Eats di perusahaan Traveloka. Memiliki pengalaman 5 tahun dalam leadership, dan lebih dari 2 tahun dalam bekerja di tech startups. Serta menjadi founder dari platform pengembangan mental dan diri yang berjudul ‘The Hidden Question’. IDT for WEBS tahun ini mengusung tema “UNLOCK YOUR LEADERSHIP POTENTIALS IN ORGANIZATION”. Ada hal berbeda dari IDT for WEBS di tahun 2022 dan tahun-tahun sebelumnya. Tahun-tahun sebelumnya ada sesi penjelasan materi oleh narasumber serta sesi tanya jawab atau Q&A. Untuk tahun ini ada tambahan berupa sesi LGD (Leaderless Group Discussion). Seluruh peserta akan dibagi menjadi 6 kelompok. Mereka akan mendiskusikan sebuah kasus yang akan diberikan oleh narasumber serta menjawab permasalahan yang ada di kasus tersebut. Setelah itu, perwakilan dari 3 kelompokkan melakukan presentasi hasil dari diskusi kasus yang telah diberikan. Selain mendapatkan inspirasi dan ilmu yang bermanfaat, peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa e-money yang diberikan pada 5 peserta yang dinilai paling aktif oleh panitia.

Tags :
Hits 494